Senin, 31 Agustus 2015

Cara mengawinkan ikan cupang (MEMIJAH)...

CARA MEMIJAHKAN IKAN CUPANG

Hai broo..para pehobbies ikan cupang...!!!
Kalian yang sudah mulai menyukai ikan cupang pasti mencari tau tentang berbagai informasi ikan cupang.Mulai dari asalnya,jenisnya,harganya,bahkan ada yang mulai mencari tau tentang bagaimana cara mengembangbiakannya atau bahasa yang biasa dipakai oleh para peternak cupang disebut memijah/breed.Saya disini hanya berbagi pengalaman sebagai pemula/orang yang baru mencoba memijah ikan cupang dan Alhamdulillah berhasil tuhh...meskipun diawalnya sempet gagal.


  1. Siapkan indukan yang siap kawin(umurnya diatas 4bulan).Kalo gw sih ga mesti sejenis,namanya juga pemula ya coba ajah dulu.Tapi harus beda kelamin yaa jantan dan betina.Jangan yang jenis kelaminnya sama ntar dikira hombreng cyinnn...hahahahaha
  2. Siapkan wadah pemijahan dengan air yang sudah diendapkan satu malam.Kasih tanaman air seperti : eceng gondok,kayambang.
  3. Kalo cara gw sih gw tambahin daun ketapang dulu biar PH nya dapet
  4. Masukan si jantan terlebih dahulu,biarkan dia mengenal lingkungan barunya krang lebih 15 menit
  5. Masukan indukan betina tapi dipisahkan wadahnya.Gunakan wadah betina yang mudah terlihat oleh sijantan dan tempatkan didalam wadah pemijahan,Biar mereka melakukan Ta'aruf dulu semalaman(pengenalan maksudnya..hehehehe) sampai keesokan paginya sijantan mulai mengeluarkan busa disekitar tanaman yang kita taruh tadi.
  6. kalo sudah terlihat sijantan mengumpulkan busa,lepaskan betina kewadah pemijahan.
  7. Biarkan mereka berkejaran,biasanya sijantan akan menghajar betina beberapa kali.
  8. Tutup wadah pemijahan tapi kasih lubang udara buat oksigen masuk brooo..
  9. Biarkan 2-3hari
  10. Setelah 2/3 hari lihat busa apakah ada telur yang sudah menempel/belum
  11. Bentuk telur cupang seperti pasir berwarna putih susu,biasanya menempel dibawah busa/bahkan diatas busa.
  12. Ikan cupang yang sudah bertelur ditandai dengan diusirnya sibetina dari wilayah busa.Jantan akan berusaha mellindungi telur dengan menghajar sibetina karena sifat betina yang suka memakan kembali telurnya.
  13. Angkat sibetina dan biarkan jantan menjaga telurnya.Setelah sehari telur yang sehat biasanya akan menetas,kalo ga menetas juga ya gagal..hahahaha...
  14. Burayak/anak cupang bentuknya kecil sekali mirip encuk/jentik nyamuk,warnanya hitam memanjang.
Nah kalo sudah bisa lihat burayak cupang ditempat pemijahan ikan cupang kesayanga kita,ntuh artinya ente sudah berhasil memijah cupang.Kalo sampe hari ketiga belum nemu juga ntuh burayak ,ya ente gagal....Ganti indukan yang laen mungkin ga cocok,ulangi cara yang sama.
Selamat mencoba brooo..jangan nyerah yupzzzz...!!!


GAMBAR BURAYAK CUPANG YANG BARU MENETAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar