Senin, 26 Oktober 2015

Merawat burayak ikan cupang

Assalamu'alaikum sobat hobbies...
Sorry yah baru nongol lagi neh...

Kali ini saya coba kasih pengalaman saya mengenai gimana sih cara merawat anak cupang yang baru menetas atau yang biasa disebut kalangan penggemar cupang disebut burayak.
Ga usah yang terlalu berat-berat ya sobb...namanya juga hobbies bukan peternak profesional,jadi kita disini sekedar sharing pengalaman ajah..hehehe..Setelah saya sebelumnya saya menjelaskan bagaimana cara memijah ikan cupang dan sudah diketahui terdapat butiran telur cupang.Nah kita tinggal lanjut deh gimana anakan cupang supaya hidup atau sekedar mencegah agar tidak mati semua.


  1. Biarkan anakan Cupang dijaga si induk jantan selama 3hari.
  2. Setelah 3hari beri makan indukan jantan dengan cacing rambut.(jangan kasih makan kutu aer,karena kutu aer mirip dengan burayk cupang,bisa2 ntar malah anaknya yang dimakan)
  3. Perhatikan dibak/tempat menetas burayak masih ada gelembung busa/tidak,perhatikan juga gerakan burayak sudah bisa berenang horizontal/tidak.
  4. Jika semua busa sudah habis dan burayak terlihat lincah berenang horizontal,angkat segera siindukan jantan untuk mencegah kanibalisme.
  5. Esoknya kasih makan burayak cupang dengan kutu aer yang telah diinapkan satu malam(tujuannya agar kutu aer membelah diri dan mudah dimakan burayak)
  6. Jika susah mendapatkan kutu aer ,banyak dijual dipedagang ikan hias makanan siap saji untuk baby fish.Kalo saya sih pake Liquifry No.2(harganya lumayan mahal juga sih).
  7. Setelah lewat satu minggu burayak bisa secara terus menerus dikasih pakan kutu aer.Dan selanjutnya kasih ajah cacing rambut sampe gede.

BURAYAK UMUR 2MINGGU


Tidak ada komentar:

Posting Komentar