Senin, 23 Juni 2014

MENANGANI KELINCI LAHIR

   







 


 


   

 Sebelumnya saya sudah menjelaskan bagimana cara mengawinkan kelinci dan cara mengetahui kelinci hamil,jika anda sudah yakin kelinci anda hamil maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan menjelang kelahiran kelinci anda

  1. Kelinci biasanya melahirkan diusia kandungan 29-33 hari,itulah pentingnya pencatatan kapan kawin kelinci agar para pehobby bisa mengetahui usia kandungan kelinci.
  2. Saat usia kandungan kelinci diatas 27 hari siapkan kotak beranak(nest box) agar kelinci merasa aman untuk dia beranak,siapkan juga jerami/sobekan koran untuk kelinci membuat sarang.Taruh didalam kandang kelinci.
  3. Biasanya kelinci beranak saat suasana sepi,tengah malam atau menjelang subuh.Jadi siap-siap begadang untuk menghadapinya..he..he
  4. Saat kelinci mulai beranak biasanya terdengan suara jeritan si bayi seperti suara tikus.
  5. Ketika kelinci beranak diluar kotak nestbox biarkan sampai dia menyelesaikan persalinannya sendiri,baru setelah itu pindahkan anaknya kedalam kotak,usahakan jangan menggunakn tangan kosong(pakai sarung tangan/dilapisi)ini untuk mencegah siinduk tidak mau menyusui akibat si bayi ada bau asing.(bau tangan manusia)
  6. Setelah benar- benar selesai bersihkan kandang dari bekas darah untuk menghindari datangnya predator akibat bau amis darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar