Minggu, 24 Januari 2016

Mengatasi burayak mudah mati...

Salam breed brooo...
Udah lama neh saya ga tampil di blog,maklum sibuk...hehehe...
Kali ini saya akan membahas salah satu masalah di dunia cupang.Kenapa ya burayak yang baru menetas cepat mati,bahkan sampai tak tersisa.Masalah ini juga pernah saya alami ketika pertama kali mencoba breed ikan yang satu ini,setelah cari informasi dari berbagai sumber akhirnya saya menemukan solusinya.Ya walaupun ga berhasil 100% paling ga bisa menekan angka kematian sampai 30%,yang mesti kita ketahui adalah ikan cupang memang bertelur bisa sampi 1000 butir tapi ketika berada dihabitatnya apakah telur itu berhasil menjadi anakan ikan cupang semua sampai besar..?!!.sementara dihabitat aslinya jauh lebih banyak predator/pemangsa,nah kalo kita sebagai pehobbi hanya bisa membiakkan cupang dengan tingkat keberhasilan 30-50% menurut saya itu sudah cukup baik.Ada beberapa faktor penyebab kenapa burayak mudah mati menurut saya.

  1. Indukan yang belum cukup umur (belum sampi usia 5bulan).
  2. Lingkungan yang berisik yaang menyebabkan indukan stress dan memakan anaknya sendiri.
  3. Kadar ph air yang berubah drastis dari panas ke dingin karena musim hujan/sebaliknya.
  4. Air yang  kotor.
  5. Indukan lupa dikaish makan sehingga lapar dan memakan anaknya sendiri.
  6. Pakan burayak yang tidak cocok.
Dalam hal pakan saya memberikan pakan jadi yang banyak dijual dipasaran.(merek liquifry).Ini saya teteskan kedalam wadah burayak yang berumur 1 hari satu tetes tiap pagi selama 2minggu sampai burayak sudah mulai terbentuk dan terlihat jelas,baru setelah itu saya memberikan kutu air sampai burayak berumur 1bulan dan dikombinasikan dengan cacing halus.Dan Alhamdulillah burayak yang berhasil bisa sampai 30%.Selamat mencoba.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar